Senin, 18 Maret 2013

Apa yang Di antaranya



Alexander the Great atau Iskandar Agung, seorang raja dari Macedonia, sewaktu ia berkunjung ke India dan bertemu dengan seorang yogi yang hidup sangat sederhana di bawah pohon. Sewaktu sang Raja bertanya apa yang dapat dilakukannya untuk sang patapa, yogi itu  menjawab dengan lembut bahwa dirinya tidak memerlukan apa-apa dan berharap Raja dna bahawannya meninggalkannya sendiri. Mendengar jawaban petapa itu, Raja tersinggung, dengan ekspresi marah dan suara lantang ia berteriak,”tahukah kamu siapa orang yang kamu hadapi ini?”
Dengan tenag petapa yang duduk di atas dedaunan ini manjawab”ya, kamu adalah budak dari budakku.”
“apa maksud perkataanmu itu?” kata sang Raja dengan geram.
“saya mempunya budak bernama kemarahan, iri hati, ketamakan, ketakutan, dan kamu dikendalikan oleh budakku itu, maka dirimu tidak lebih dari sekadar budak dari budakku.”
Semua permasalahan di dunia ini tidak berada di luar, semuanya ada di dalam diri kita. Kita dikendalikan oleh ego kita, oleh keserakahan dan ketakutan dalam diri kita sendiri.


Kembali saya ceritakan tentang akhir dari kisah hidup Iskandar Agung, saat ia ingin menemui ibunya sebagai permintaan terakhir sebelum maut menjemputnya. Dalam keadaan kritis sang raja berkata,”ambillah separuh dari kekayaanku jika kamu dapat mengantarkanku ke tempat ibu-ku,” pada para dokter yang merawatnya.
Dokter itu menjawab,”jangankan separuh, bahkan seluruh kekayaan Baginda berikan kepada hamba, hamba tidak mampu menambah satupun tarikan nafas.”
Air mata berlinang di pipi sang Raja, sambil berkata,” seandainya saya tahu begitu berarganya satu tarikan nafas ini maka saya tidak akan sia-siakan hanya untuk mengejar kekuasaan.”
Kemudian sang Raja berpesan, bahwa nanti sewaktu diarak dalam peti mati menuju peristirahatannya yang terakhir, dia minta agar tangannya dikeluarkan sehingga setiap orang dapat melihat bahwa Alexander Agung yang menguasai wilayah terbesar di sepanjang sejarah harus berpulang dengan tangan kosong.

Kelahiran dan kematian adalah awal dan akhir, tetapi yang penting adalah apa yang ada di antaranya.

Thanks Happiness Inside By


Vashdev, Gobin, Happiness Inside, Noura Books, Jakarta Selatan:2012
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar