Minggu, 17 Maret 2013

Keajaiban dalam Hal Kecil


Seekor ikan kecil yang berenang berputar-putar di dalam laut terlihat gelisah, setiap hari ia mendengar dari makhluk laut lainnya kata “laut”, tetap tidak pernah melihat di mana laut itu berada. Tidak tahan dnegan rasa penasarannya, ikan kecil itu bertanya di mana laut itu kepada ikan yang lebih besar. Mendapat jawaban “ya inilah laui itu,” dia tidak puas. Dia bertanya lagi kepada binatang laut yang lainnya dan mendapat jawaban yang kurang lebih sama. Akhirnya ikan kecil ini memberanikan diri untuk bertanya kepada penguasa laut, yaitu ikan hiu. Dan ikan hiu itu menjawab,”hai makhluk kecil, jika dirimu ingin mengetahui di mana laut itu berada? Caranya gampang, apa yang perlu kamu lakukan adalah gunakan seluruh tenagamu untuk berenang secepat mungkin ke atas dan tidak menyerah. Saya berani bertaruh, jika kamu melakukan itu, kamu akan mengetahui di mana lauit itu.”
Mendengar jawaban yang tidak lazim, tetapi meyakinkan itu, tanpa piker panjang ikan kecil tersebut melenggak-lenggokkan tubuh dan ekornya secepat mungkin. Ketika ikan kecil merasa lelah, kata-kata ikan hiu membuatnya bersemangat lagi. Ikan ini kemudian melihat cahaya yang terang di atas dan semakin terang. Pikirnya mungkin cahaya itulah yang disebut laut. Dia terus memaksa tubuhnya naik ke atas. Dan tiba-tiba pada suatu titik, ikan ini merasakan sensasi yang tidak biasa di tubuhnya. Tubuhnya terasa kering dan ia tidak bias naik ke atas lagi dan jatuh ke bawah. Namun sebelum jatuh, dalam persekian detik, ikan ini melihat sebuah pemandangan berwarna biru yang tak terbatas.
Ya, ikan itu keluar dari laut dan kembali lagi. Untuk pertama kalinya ia menyadari apa dan di mana laut itu. Pengalaman sepersekian detik itu mencerahkan ikan kecil tersebut.

Kisah ini menjadi inspirasiku karena kita dapat mengetahui bahwa hal- hal kecillah yang dapat membuat kita menjadi besar :)

Thanks Happiness Inside By

Vashdev, Gobin, Happiness Inside, Noura Books, Jakarta Selatan:2012
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar